Sunday 1 September 2013

ANATOMI Manusia






Anatomi (berasal dari bahasa Yunani ἀνατομία anatomia, dari ἀνατέμνειν anatemnein, yang berarti memotong) adalah cabang dari biologi yang berhubungan dengan struktur dan organisasi dari makhluk hidup. Terdapat juga anatomi hewan atau zootomi dan anatomi tumbuhan atau fitotomi. Beberapa cabang ilmu anatomi adalah anatomi perbandingan, histologi, dan anatomi manusia.

Dilihat dari sudut kegunaan, bagian paling penting dari anatomi khusus adalah yang mempelajari tentang manusia dengan berbagai macam pendekatan yang berbeda. Dari sudut medis, anatomi terdiri dari berbagai pengetahuan tentang bentuk, letak, ukuran, dan hubungan berbagai struktur dari tubuh manusia sehat sehingga sering disebut sebagai anatomi deskriptif atau topografis. Kerumitan tubuh manusia menyebabkan hanya ada sedikit ahli anatomi manusia profesional yang benar-benar menguasai bidang ilmu ini; sebagian besar memiliki spesialisasi di bagian tertentu seperti otak atau bagian dalam.
Anatomi topografi harus dipelajari dengan pembedahan dan pemeriksaan berulang kali pada tubuh manusia yang telah meninggal (kadaver) Anatomi bukan sekedar ilmu biasa, namun harus benar-benar mempunyai keakuratan yang tinggi karena dapat digunakan dalam situasi yang darurat. Patologi anatomi adalah ilmu mengenai organ yang memiliki kelainan dan dalam keadaan sakit. Ilmu ini diterapkan untuk berbagai tujuan seperti bedah dan ginekologi.
Anatomi hewan juga disebut sebagai anatomi perbandingan atau morfologi hewan jika mempelajari struktur berbagai hewan, dan disebut anatomi khusus jika hanya mempelajari satu jenis hewan saja.


ANATOMI MANUSIA
 
Anatomi manusia atau antropotomi ialah sebuah bidang khusus dalam anatomi yang mempelajari struktur tubuh manusia, sedangkan jaringan dipelajari di histologi dan sel di sitologi.
Tubuh manusia, seperti tubuh hewan, terdiri atas sistem, yang terdiri atas organ-organ, yang terdiri atas jaringan, yang terdiri atas sel.
Lihat sejarah anatomi untuk sejarah anatomi, termasuk anatomi manusia.

Sistem tubuh manusia
  • Sistem kardiovaskular: memompa darah ke seluruh tubuh
  • Sistem pencernaan: pemrosesan makanan yang terjadi di dalam mulut, perut, dan usus
  • Sistem endokrin: komunikasi dalam tubuh dengan hormon
  • Sistem kekebalan: mempertahankan tubuh dari serangan benda yang menyebabkan penyakit
  • Sistem integumen: kulit, rambut
  • Sistem limfatik: struktur yang terlibat dalam transfer limfa antara jaringan dan aliran darah
  • Sistem otot: menggerakkan tubuh
  • Sistem saraf: mengumpulkan, mengirim, dan memproses informasi dalam otak dan saraf
  • Sistem reproduksi: organ seks
  • Sistem pernapasan: organ yang digunakan bernafas, paru-paru
  • Sistem rangka: sokongan dan perlindungan struktural dengan tulang
  • Sistem urin: ginjal dan struktur yang dihubungkan dalam produksi dan ekskresi urin
Diagram anatomi manusia

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg71gtqYY6X-Ev1cEs-FbB4Vb5tAZkVfsZWtiK4zE6CFR4aZ1DwlE83z9YC1n7UNaOGbrwZv0adOyusJ4BS0Iyn2EvgD254wy5rba9_oOflDomP-uhkt3WHEdNCsE-4A_P_ZkRl2iaGJ6U/s400/anatomy_tubuh.pnghttps://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg71gtqYY6X-Ev1cEs-FbB4Vb5tAZkVfsZWtiK4zE6CFR4aZ1DwlE83z9YC1n7UNaOGbrwZv0adOyusJ4BS0Iyn2EvgD254wy5rba9_oOflDomP-uhkt3WHEdNCsE-4A_P_ZkRl2iaGJ6U/s400/anatomy_tubuh.png

Organ dalam
 
Nama-nama umum organ dalam (secara alfabetis) :
Adrenalin - Appendiks - Duodenum - Esofagus - Ginjal - Hati - Jantung - Kandung empedu - Kandung kemih - Kulit - Kunci paha - Limpa - Mata - Otak - Ovarium - Pankreas - Paratiroid - Paru-paru - Lambung - Pituitari - Prostat - Rahim - Thymus - Tiroid - Usus - Vena - Zakar
labia mayora

Anatomi otak
Amigdala — Batang otak — Otak kecil — Korteks otak besar — Hipotalamus — Otak Besar;- Sistem limbik — medulla — otak tengah — Kelenjar pituitari — pons
Lihat juga: Otak manusia, Daftar regio dalam otak manusia
Belajar anatomi manusia
 
Beberapa profesi, khususnya kedokteran dan fisioterapi, memerlukan studi anatomi manusia secara mendalam. Buku teks biasanya membagi tubuh ke dalam kelompok regio berikut ini:
  • Kepala dan Leher — termasuk segala sesuatu di atas cerukan dada
  • Ekstremitas atas — termasuk tangan, lengan bawah, lengan atas, bahu, aksilla, regio pektoral dan skapula.
  • Thoraks — memuat regio dada dari cerukan dada ke diafragma thoraks.
  • Abdomen — segala sesuatu dari diafragma thoraks ke pinggir panggul atau cerukan panggul.
  • Bagian belakang — sekitar tulang belakang dan komponen-komponennya, cakram dan badan intervertebral
  • Pelvis dan Perineum — pelvis terdiri atas segala sesuatu dari cerukan panggul ke diafragma panggul. Perineum ialah regio antara area genital dan anus.
  • Ekstremitas bawah — biasanya segala sesuatu di bawah ligamen inguinal, termasuk paha, persendian tulang paha, kaki, dan telapak kaki.
Demikian pembelajaran mengenai Anatomi Tubuh manusia smoga bermanfaat





No comments: